Wisata

Tempat Untuk Melihat Mekarnya Bunga Sakura Pada Saat Musim Semi

Jepang saat ini menjadi negara yang sering kali di puji akan negara yang tertib dan memiliki budaya malu yang tinggi. Selain tertib, memiliki budaya malu Jepang serta mempunyai banyak orang-orang cerdas dan jujur. Jepang negara dengan 4 musim yakni, musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin, jangka antara ke 4 musim tersebut adalah 3 bulan. Saat musim semi telah tiba, keindahan negara Jepang semakin mempesona pasalnya pada saat musim semi bunga yang identik dengan warna pink tumbuh mekar menjadi indah. Yups, bunga indah tersebut adalah sakura.

Bunga sakura memiliki daya tarik yang sangat tinggi, banyak wisatawan yang datang ke Jepang hanya ingin melihat bunga ini tumbuh mekar. Namun tidak hanya wisatawan dari mancanegara saja, banyak masyarakat Jepang yang juga tak ingin ketinggalan melihat bunga yang identik dengan mekar dan indahnya itu. Saat musim semi tiba, biasanya masyarakat Jepang melakukan Ohanami atau Hanami, yaitu kegiatan menikmati mekarnya bunga sakura. Dan berikut ini beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi di Jepang pada saat musim semi untuk melihat bunga sakura mekar dengan sangat indah.

1. Taman Chidorigafuchi

Salah satu situs utama bunga sakura di kota ini. Terletak di antara Chidorigafuchi (sebelah barat Istana Kaisar) dan Kedutaan Besar Inggris, memiliki sekitar 170 jenis bunga sakura antara lain: sakura Yoshino dan sakura Yamazakura. Selama festival tahunan bunga sakura, jalanan di Chidorigafuchi diterangi oleh pemandangan yang luar biasa dan juga disediakan perahu bot untuk berlayar di malam hari.

2. Taman Sumida

Taman Sumida merupakan destinasi yang cocok untuk kamu yang liburan ke Tokyo pada saat musim semi, karena di sini banyak sekali turis yang melakukan perjalanan hanya untuk melihat keindahan bunga sakura yang mekar sambil berjalan di bawah pohon-pohon sakura. Di Taman Sumida, disediakan jalur untuk pejalan kaki agar wisatawan dapat menikmati keindahan bunga sakura dari dekat. Selain menikmati bunga sakura dari kedua sisi sungai Sumidagawa, di sini kalian juga dapat menikmati pemandangan Tokyo Skytree, karena dari lokasi ini bangunan terkenal Tokyo Skytree dapat terlihat jelas. Sesekali, di sini kita akan melihat kapal yang melintas dan membelah sungai Sumidagawa. Biasanya kapal-kapal tersebut digunakan sebagai lokasi untuk melangsungkan pesta sambil berlayar.

3. Taman Nishi

Terletak di pusat kota Fukuoka, taman ini letaknya di bukit dan menghadap ke teluk Hakata. Taman ini sangat terkenal di Fukuoka sebagai salah satu lokasi terbaik untuk melihat bunga sakura yang bermekaran. Lebih dari seribu pohon sakura di sini mekar setiap tahunnya. Someyomoshi, Ooshima Zakura, Yama Zakura, Shidare Zakura dan jenis sakura lainnya dapat kita temukan di Taman Nishi. Bayangkan bila kamu bisa berjalan di jalan setapak di Taman Nishi ini atau bahkan duduk di bawah banyaknya pohon-pohon sakura yang begitu banyak.

Di taman ini juga terdapat tempat observatorium. Dari sini kita dapat melihat teluk Hakata, Nokono Shima, dan Shikano Shima. Jalan-jalan santai atau piknik sambil makan bento bersama teman, keluarga, atau kerabat sangatlah cocok dilakukan di taman ini, apalagi jika piknik ke sini saat musim semi. Kalau kalian menelusuri jalan tangga sampai ke atas taman ini, kalian akan menemukan kuil Terumo yang cukup terkenal juga di Fukuoka, Saat musim hanami tiba dan jika kalian ingin melakukan hanami di taman ini, disarankan untuk naik kendaraan umum dibandingkan membawa kendaraan pribadi.

4. Taman Ueno

Terkenal sebagai destinasi untuk melihat bunga sakura sejak zaman Edo (1603-1868), area ini diyakini oleh banyak orang sebagai lokasi penghabisan untuk menikmati bunga sakura di Tokyo. Tradisi untuk mengagumi bunga sakura di malam hari masih menjadi ajang yang populer di musim semi, yang diterangi oleh 1.300 lentera kertas.

5. Taman Asukayama

Diabadikan sebagai salah satu dari cetakan kayu dalam artis legenda ukiyo-e Hiroshige “100 Pemandangan Terkenal di Edo”, Taman Asukayama Park adalah salah satu tempat tertua untuk melihat bunga sakura, di mana sebagian dari ratusan pohon sakuranya sudah tumbuh sejak abad ke-18. Tempat ini populer sebagai tempat piknik serta tempat untuk melihat pemandangan di malam hari, di mana bunga sakura disinari oleh cahaya lampu.

6. Taman Matsumae

Matsumae merupakan kota paling utara di pulau Hokkaido. Di kota ini terdapat kastil terkenal yang letaknya di atas bukit, yaitu Matsumae Castle atau yang dikenal juga sebagai Fukushima Castle. Kastil ini merupakan satu-satunya kastil dengan gaya khas Jepang yang ada di Hokkaido. Kalau di Nishi Park kalian bisa melihat sekitar seribu pohon sakura yang bermekaran, di Taman Matsumae kalian bisa melihat 10.000 pohon Sakura dengan 250 jenis yang berbeda. Setiap musim semi, orang-orang akan banyak berdatangan ke taman ini untuk festival hanami atau festival melihat bunga sakura yang bermekaran.

Biasanya, orang-orang datang ke sini bersama teman, keluarga, maupun kerabat kerja sambil membawa banyak makanan dan minuman, kemudian menggelar tikar dan berkumpul di bawah pohon-pohon di taman ini. Taman Matsumae telah diakui sebagai destinasi terbaik di pulau Hokkaido untuk melihat bunga sakura bermekaran saat musim semi. Karena terdiri dari ribuan macam jenis pohon sakura, Taman Matsumae memiliki masa mekar sakura yang panjang, yaitu dari akhir April hingga akhir Mei. Terdapat festival sakura yang dilaksanakan selama masa itu dengan disediakannya stand-stand makanan dan pertunjukan live yang berlangsung hingga pukul 21:00.

Most Popular

To Top