Teknologi

Yuk, Intip Deratan Teknologi Canggih Ciptaan Jepang

Jepang negara dengan empat musim yang setiap musim nya memiliki keindahan yang sangat menawan. Jepang termasuk salah satu negara terbersih di dunia. Masyarakat Jepang sangat taat pada peraturan yang ada, masyarakat Jepang pun saat melakukan aktivitas nya sangat jarang menggunakan kendaraan pribadi. Negara Jepang memiliki keunikan tersendiri dimana festival-festival aneh yang di adakan setiap tahun nya. Festival aneh itu terkadang membuat banyak masyarakat luar berpikir kalau orang Jepang itu tidak maju dan sangat aneh. Padahal negara Jepang termasuk negara dengan teknologi tercanggih di dunia.

Untuk menilai suatu negara itu maju atau tidak bukan lah dilihat dari festival ataupun kebiasan apa yang di lakukan oleh masyarakat nya. Tetapi, dilihat dari apa yang telah di ciptakan oleh masyarakat nya. Jepang telah banyak mengejutkan dunia, dengan temuan-temuan kecil hingga besar. Masyarakat Jepang di kenal dengan kepintaran nya dalam menciptakan suatu barang. Barang-barang yang dihasilkan pun tidak lah abal-abal melainkan sangat canggih dan kekinian. Hal tersebut memanglah benar, baru-baru ini di sebuah konferensi teknologi terbesar di dunia yaitu CEATEC, Jepang memamerkan teknologi terbarunya yang terbilang unik dan futuristik. Berikut adalah beberapa teknologi Jepang yang menakjubkan dan membuatmu merasa sudah berada di masa depan.

  1. 360 Degree Video Helmet

Teknologi tinggi ini helm video ini tidak dimaksudkan untuk melindungi Kamu ketika Kamu mengendarai sepeda super. Ini adalah 360-video helm yang akan memberikan pemakainya 360 derajat panorama ketika menonton TV atau bermain game. Saya pikir itu akan memberi Kamu jauh lebih merasa dalam memainkan beberapa game balap.

  1. Teknologi Robot

Jepang menjadi yang terdepan saat ini dalam menciptakan robot. Bagaimana tidak, robot yang telah diciptakan oleh Jepang sangat lah bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan bantuannya. Contohnya seperti Robot ASIMO, Q-Rio, Maido-Kun hingga HRP-4C. Tak hanya dapat membantu robot-robot tersebut pun dapat berlenggak-lenggok di catwalk layaknya seorang model kelas dunia. Jepang memang terkenal dengan dunia robotnya, dan inilah yang menjadikan jepang sebagai negara nomor wahid dalam urusan teknologi robotik.

  1. Teknologi Medis

Makoto Nokata, seorang asisten profesor dari universitas Ritsumeikan di Kusatsu, prefektur Shiga mengatakan bahwa dia dan timnya sedang mengembangkan robot berukuran jari manusia yang bisa bergerak bebas dalam tubuh untuk melakukan pemeriksaan dan pembedahan.

“Dengan adanya teknologi ini, maka si pasien tidak perlu dibedah dari luar dan proses penyembuhannya akan jauh lebih cepat,” kata Makoto. Menurut perkiraan Robotics Society of Japan, robot akan mengoperasi manusia secara otomatis di antara tahun 2025 dan 2050.

  1. Omron Family Eye

Pastinya di antara kita ada yang memiliki kamera CCTV atau kamera keamanan yang bertujuan untuk mengawasi rumah sehingga dapat membuat kita merasa aman. Tetapi, berbeda dengan kamera CCTV biasa, Omron Family Eye ini dirancang tidak hanya untuk mengawasi rumah kamu, tetapi juga dapat mengenali ekspresi wajah. Alat satu ini dapat mendeteksi apakah kamu sedang sedih, sakit atau bahagia. Selain itu, kamera ini juga mampu mengetahui keadaan suhu tubuh para penghuni rumah. Kamera ini juga didesain agar tidak terlihat seperti kamera keamanan.

  1. Toshiba Re-writable Printer

Toshiba telah mengembangkan sebuah printer yang dijuluki Toshiba B-SX8R yang memiliki kemampuan untuk menggunakan kertas yang sama lagi dan lagi sampai 500 kali. Topi untuk Kamu Toshiba! Aku tidak tahu bahwa Toshiba begitu sadar tentang lingkungan dan daur ulang limbah kertas. Apa pun yang Kamu menyebutnya, ramah lingkungan memindahkan atau strategi bisnis. Aku hanya menghargainya.

Biarkan saya memberitahu Kamu bahwa kertas glossy khusus yang digunakan dalam proses ini datang pada harga kekar. Pokoknya, B-SX8R adalah dapat ditulis ulang printer yang menggunakan teknologi termal. Setelah kertas telah digunakan untuk mencetak, dapat kembali diletakkan di gerbong untuk menghapus tinta. Selain itu, printer dapat mencetak 12 halaman per menit. Jangan bicara tentang masa depan mereka printer yang akan memuntahkan ribuan halaman per menit.

  1. Fujitsu Foot Monitor

Apa jadinya jika kamu memiliki sepatu yang mampu membuatmu dapat bergerak lebih baik, lebih cepat, dan lebih cerdas. Hal tersebut ditawarkan oleh sebuah produk bernama Fujitsu Foot Monitor. Sepatu berteknologi canggih ini juga mampu memonitor aktivitas tubuh dan mengetahui kesehatan penggunanya. Tertarik memilikinya?

  1. EV-X7 Hybrid Bike

 

 

Sepeda hybrid ini telah dirancang oleh Axel Corporation dan perusahaan mengklaim bahwa ini adalah yang pertama sepeda motor listrik dengan hibrida plug-in. Perusahaan juga berkomentar bahwa sepeda adalah tujuh kali lebih hemat biaya daripada sepeda berjalan di bensin. Ini sangat inovatif sepeda dapat mencapai kecepatan hingga 150Kmph dan dapat melakukan perjalanan 180 kilometer di satu charge baterai. Selain itu baterai hanya butuh enam jam untuk mengisi daya baterai dan dapat dengan mudah dikenakan di rumah.

Itulah tadi informasi mengenai Teknologi Terbaik di Jepang, semoga dari informasi ini dapat menginspirasi generasi muda di Indonesia untuk dapat bersaing menciptakan beberapa teknologi canggih yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Indonesia.

 

Most Popular

To Top