Teknologi

Rayakan Ulang Tahun, KFC Luncurkan Smartphone Android

Holaa holaa guys, hari ini pada kemana? Kencan barang doi? nonton bareng keluarga? atau lagi nongkrong santai sama teman? Biasa nya kalau nongkrong tempat yang paling asik menurut kamu dimana sih? Kalau saya si suka nya di KCF. Selain bisa nongkrong lama-lama, KFC memiliki tempat yang santai dan nyaman. Setiap gedung KFC memiliki ornamen yang sama dan itu menjadi salah satu ciri khas dari KFC. KCF tidak hanya di sukai oleh kalangan anak-anak saja, tapi banyak juga orang dewasa yang menyukai ayam krispi ini.

KFc sendiri memiliki rasa ayam yang sangat lezat dan krispi. Memiliki es krim yang juga sangat khas. KCF yang identik dengan gambar sang pencipta nya yakni Kolonel Harland Sanders sudah ada di belahan dunia. Selain sukses dengan ayam krispi nya yang lezat, baru-baru ini tersirat kabar bahwa KCF telah mengeluarkan smartphone KCF. Lah? KCF pakai smartphone? lantas apa yang membuat KCF pun bisa memiliki smartphone yang khusus? namun, sebelum ke smartphone nya saya ingin bahas sedikit tentang perjalanan Kolonel Harland Sanders yang sukses hingga bisa membuat KFC memiliki smartphone khusus nya.

Sejarah KFC

Kolonel Sanders atau Harland David Sanders Lahir: 9 September 1890 dan meningal tanggal 16 December 1980. Lahir dan dibesarkan di Henryville, Indiana. Kolonel Sanders melewati beberapa profesi dalam hidup, dengan keberhasilan yang beragam. Kolonel Sanders menjual ayam goreng buatannya pada tahun 1930 ditengah-tengah Depresi Besar. disebuah pompa bensin milikinya Corbin Utara sebuah kota kecil di tepi Pegunungan Appalachian selatan timur Kentucky.

Ruangan makan bernama Sanders Court & Café, yang dibilang cukup berhasil dan dia diberi gelar kehormatan Kentucky Kolonel pada tahun 1936 oleh Gubernur Kentucky Ruby Laffoon. Tahun berikutnya restorannya diperluas menjadi 142 kursi dan dia mulai menambahkan sebuah motel yang ia beli di seberang jalan. Ketika Sanders mempersiapkan restoran ayam aslinya di North Corbin, ia menyajikan ayam dalam wajan besi, yang memakan waktu sekitar 30 menit memasak (tapi terlalu lama untuk operasi restoran).

Pada Tahun 1939, Sanders mengubah proses memasak ayam goreng nya dan menggunakan Pressure frying. sehingga sewaktu memasak sangat berkurang dibandingkan dengan digoreng.

Tidak hanya melakukan peningkatan pada kecepatan produksi, tapi metode yang dihasilkan flakier, pelembaban ayam. Antara tahun 1939 dan 1940, Sanders juga merancang apa yang kemudian dikenal sebagai Resep Aslinya, dari 11 bumbu rempah-rempah. Pada tahun 1940 ia menyelesaikan Resep Asli 11 bumbu dan rempah-rempah.

Ia juga menjual properti dan melakukan perjalanan ke AS untuk menjual ayam ke pemilik restoran. yang pertama yang ditawarkan adalah temannya Pete Harman yang tinggal di South Salt Lake, Utah, operator dari salah satu restoran terbesar di kota. bersama sama, mereka membuka “Kentucky Fried Chicken” pertama pada tahun 1952.

Penjualan restoran dalam tahun pertama mendapat untung lebih dari tiga kali lipat, dengan 75% persen dari kenaikan penjualan ayam goreng (Untuk Harman). penambahan ayam goreng adalah cara yang membedakan restorannya dari para pesaingnya. di Utah produk panggilan Kentucky adalah nama unik, yang membuatnya istimewa. Sebuah pelukis yang disewa oleh Harman menciptakan nama “Kentucky Fried Chicken”

Kepopularitas membuat dirinya layak untuk membuka restoran KFC independen, menurut Harman, “dengan memberi volume yang cukup untuk membenarkan Manajer dan membayar biaya overhead (Beban Operasi Bisnis)” toko Free Standing menyebabkan tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dari rantai restoran karena operasi operasi khusus terbukti lebih mudah menjual kepada calon franchisee.

Pada tahun 1976 Sanders mengeluh bahwa perusahaan “tak tahu apa yang dilakukannya” dan yang itu “benar-benar memalukan” memiliki gambaran berafiliasi dengan seperti produk yang lebih rendah. Miles Michael dipromosikan oleh Heublein untuk menjalankan rantai di tahun 1977 dan dikreditkan perusahaan “yang sakit” dengan menerapkan formula back-to-basics. Salah satu strategi Miles yang paling menonjol adalah untuk memikat onside kembali Sanders, dan untuk mendengarkan rekomendasi-nya dalam bisnis.

Miles juga memulai program renovasi toko luas, sebagai outlet telah menjadi tanggal dan rusak. Sanders meninggal ditahun 1980, karena sering melakukan perjalanan 200.00 – 250.000 Km setiap tahunnya. sebagian besar dengan mobil, untuk mempromosikan produknya sampai sesaat sebelum kematiannya. Pada tahun 1991 nama KFC adalah resmi diadopsi, meskipun sudah banyak dikenal oleh yang initialism. Awal 1990-an melihat gelombang produk baru yang diluncurkan diseluruh rantai, seperti makanan pedas “Hot Wings” dan ayam popcorn, serta “Zinger”, sebuah fillet ayam pedas burger, untuk pasar internasional.

Tahun 1993 ayam non-goreng telah ditambahkan dimenu Amerika Serikat dan Australia untuk pertama kalinya. tahun 1994 Roger Enrico ditunjuk sebagai CEO dari perusahaan PepsiCo dan David C. Novak diangkat sebagai Presiden KFC. Novak mengawasi 10 kuartal berturut-turut dipertumbuhan restoran setelah memperkenalkan produk-produk baru seperti ayam pot pie dan ayam diasinkan.

Ditahun 1997 PepsiCo berputar divisi restoran sebagai perusahaan publik senilai $4500000000 ($6514925373) untuk melunasi utang jangka pendek dan karena sebagai salah satu eksekutif. PepsiCo mengaku “restoran kita yang tidak schtick” Menurut seorang analis itu tidak jelas apakah 4,5 miliar pound berhasil kembali, atas investasi PepsiCo. mengingat bahwa banyak dari utang Pepsico itu telah muncul dari investasi modal-intensif restoran.

Sejak 2002 sampai 2005 KFC mengalami tiga tahun dari penjualan lemah. ketika kurangnya investasi dalam pengembangan produk meninggalkan merek dalam mencari “diposisikan lelah dan buruk” menurut Riset Restaurant, sebuah konsultan independen.

KFC menanggapi dengan menambahkan burger ayam murah panas dalam menu, disebut “Snacker” yang lebih mudah untuk di makan daripada ayam pada tulang. Ini juga memulai makeover dari citra merek, membawa kembali penuh “Kentucky Fried Chicken” nama beberapa outlet, memberikan keunggulan baru untuk menyentuh potret Kolonel Sanders, dan mempromosikan sekali lagi gambar karton ayam itu telah di tinggalkan secara (singkat) pada 1990-an.

Nah, saat ini restoran cepat saji Sanders telah sukses dan telah banyak terbuka outlet KFC di belahan dunia ini. Dan karena kesuksesan KFc saat ini, KFC telah merilis sebuah smartphone yang berlogo wajah Sanders. Tetapi, kenapa KFC merilis sebuah smartphone? bukan nya di restoran yang menyajikan makanan? Ingin tahu alasan nya? yuk, baca hingga selesai.

Smartphone KFC

Sebenarnya perangkat ini memang pada dasarnya perangkat Huawei namun dibalut dalam sebuah casing berwarna merah layaknya logo KFC dan ditempeli foto sang Colonel di bagian punggung ponsel. Selain itu, ada juga ada angka 1987, yang merupakan tahun pertama kali KFC masuk ke Cina. Gambar di atas juga menunjukkan akan adanya software bertema KFC dengan tampilan merah merona dan  ponsel ini dibekali dengan aplikasi KFC langsung dari pabrikannya.

Ada juga aplikasi yang bernama K-Music yang, menurut dokumentasi materialnya, akan mengijinkan kamu memutar lagu-lagu yang ingin kamu dengar saat kamu berada di dalam salah satu dari 4000 restoran KFC yang tersebar di Cina. Menurut Mashable, perangkat ini diberi nama KFC Huawei 7 Plus; nama yang sangat asing di telinga kami. Namanya mungkin mirip-mirip dengan Huaweii Honor 7 Plus namun bentuknya di foto sangat berbeda dengan yang pernah kami lihat.

Ada juga varian lain yang bernama Huawei Enjoy 7 Plus, namun lagi-lagi ia tidak sama dengan yang ada di foto. Untuk bagian jeroannya, smartphone ini akan dibekali dengan RAM 3GB, storage 32GB dan slot MicroSD sampai dengan 128GB.Jadi, kamu bisa memilih musik favorit sambil makan ayam goreng meski hal ini tidak bisa berlaku di luar Cina.

Tmall, salah satu penjual retail terbesar di Cina, akan mulai menjual KFC Huawei 7 Plus dengan harga sekitar US$160. Strategi marketing ini sama dengan yang pernah digunakan Pepsi ketika mereka meluncurkan Pepsi phone di 2015 yang juga untuk pasar Cina. Kami juga tidak yakin sebenarnya apa nilai jual ponsel-ponsel semacam ini, selain hanya untuk jadi buzzer marketing atau mungkin bisa jadi Huawei atau KFC mendapatkan keuntungan besar dari saling pinjam nama. Namun, sayangnya, kalau kamu memang ngefans berat sama KFC, kemungkinan besar ponsel ini tidak akan dijual di luar Cina.

Keren kan gengs, tapi yang jadi pertanyaan adalah kenapa KFC yang notabennya adalah perusahaan yang bergerak dibidang kuliner, malah merilis smartphone? Bukan menu baru atau alat masak yang lebih dekat dengan bidang kuliner? Nah, penasaran alasan apa sih yang melandasi munculnya smartphone dari restoran milik Harland David “Colonel” Sanders ini? Kuy langsung aja kita simak.

1. Efisiensi Kinerja Dengan Teknologi Berbasis CLOUD

Cloud strorage system atau penyimpanaan berbasis awan awan kini semakin banyak ditemui pada kategori bisnis modern gengs. Selain pengunaannya yang tergolong lebih mudah, sistem penyimpanan berbasis awan ini juga menawarkan berbagai kelebihan yang bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh mereka yang bergerak pada bisnis kuliner. Jadi pada tau dah pasar mau makanann yang kayak gimana, yang diinginkan oleh mereka!

2. Informasi Produk Yang Di Sajikan Lebih Jelas, Cepat dan Akurat

Berikutnya nih gengs, penggunaan aplikasi melalui smartphone bisa disesuaikan sesuai kebutuhan pada bisnis yang dikelola, terutama pada bidang kuliner atau restoran yang diharuskan menyajikan informasi secara jelas kepada pelanggan. Jadi bagus nih gengs buat kebutuhan ngiklan via smartphone.

3. Memaksimalkan Manajemen Pelayanan Terhadap Pelanggan Dengan Teknologi CRM

Wih berat nih, gua jelasin dulu ya apa itu CRM. Teknologi CRM atau Customer Relationship Manager difungsikan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas pra-penjualan dan pasca penjualan dalam sebuah organisasi maupun perusahaan.

Pada bisnis restoran, CRM ini dapat digunakan untuk mengelola hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Informasi dan data pelanggan serta calon pelanggan yang disimpan untuk setiap transaksi dan aktivitasnya yang berkaitan bisnis restoran tersebut. Jadi kalo KFC bisa tau tentang data pelanggannya.

4. Memunculkan Kesan Elegan dan Modern

Yoih, balik lagi ke kebutuhan branding nih. Pentingnya pencitraan pada bisnis restoran maupun kuliner yang dikategorikan sebagai jenis bisnis modern, adalah mereka yang telah mengaplikasikan sistem yang terkomputersasi pada bisnisnya. Jadi orang yang beli KFC bisa berasa orang modern.

5. Mudah Diakses Dimana Pun dan Kapan Pun

Nah ini gengs menurut saya yang penting. Dengan memanfaatkan teknologi pada smartphone berupa software yang cocok dengan bisnis restoran yang dikelola. Kemudahan akses secara online mapun offline menjadi sebuah keuntungan yang patut diperhitungkan guys.

Most Popular

To Top