Info

Terowongan Bawah Laut Terpanjang Di Dunia

Terowongan bawah laut menjadi solusi untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas secara efisien dan praktis. Terowongan ini bukan persis dibawah laut. Terowongan ini dibuat didalam tanah dan menembus dasar laut. Perlu diketahui bahwa terowongan ini tidak menggunakan dinding kaca seperti halnya di Sea World sebagai dindingnya. Dinding terowongan terbuat dari beton kokoh yang dilengkapi sistem sirkulasi udara yang sangat baik. Dan berikut ini beberapa terowongan bawah laut terpanjang di dunia.

1. Seikan Tunnel (Jepang)

Seikan Tunnel adalah terowongan kereta api bawah laut sepanjang 53,85 Km dengan 23,3 km berada 240 meter dibawah permukaan laut Teluk Tsugaru yang menghubungkan pulau Honshu dengan pulau Hokkaido, Jepang. Terowongan ini diresmikan pada 13 Maret 1988 dengan menghabiskan dana sekitar ¥ 538.400.000.000 (US $ 3,6 miliar)

2. Channel Tunnel (Inggris & Prancis)

Tunnel Channel memiliki panjang 50,5 KM atau sekitar 31,4 mil. Terowongan ini menjadi penghubung Folkestone  -Kent di dekat Dover Inggris dengan Coquellles, Pas de Calais di dekat Calais Prancis Utara. Jadi, Channel Tunnel menghubungkan negara Inggris dan negara Prancis. Channel Tunnel digunakan kereta berkecapatan tinggi Eurostar untuk mengangkut penumpang. Pada tahun 1996, American Society of Civil Engineers menobatkan Channel Tunnel sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern.

3. Kanmon Railway Tunnel (Jepang)

Kanmon Railway Tunnel adalah terowongan bawah laut pertama di Jepang. Melewati Selat Kanmon untuk menghubungkan Pulau Honshu dengan Kyushu sepanjang 3.614 meter. Pembangunannya dimulai pada tahun 1938 dan selesai pembangunnya pada tahun 1942 selama Perang Pasifik. Menjelang akhir Perang Pasifik, Pihak Sekutu berencana untuk meledakkan terowongan dengan 50.000 ton bahan peledak sebagai bagian dari invasi Jepang. Tetapi tidak dapat terlaksana karena Jepang keburu menyerah kepada Sekutu.

4. Bomlafjord Tunnel (Norwegia)

Blomlafjord Tunnel adalah terowongan bawah laut yang melewati selat Blomlafjorden yang menghubungkan Pulau Foyno dengan Dalshovda di Sveio, Norwegia. Terowongan sepanjang 7, 82 kilometer dengan kedalaman 260,4 meter dibawah permukaan laut. Rencana membuat terowongan bawah laut ini muncul pada tahun 1980. Pembangunannya dimulai pada tahun 1997 dan dibuka pada 27 Desember 2000.

5. Tokyo Bay Aqualine (Jepang)

Tokyo Bay Aqua-Line juga dikenal sebagai Trans-Tokyo Bay Highway, ini adalah kombinasi antara terowongan dan jembatan melewati teluk Tokyo di Jepang. Yang menghubungkan kota Kawasaki di prefektur Kanagama dengan kota Kisarazu di prefektur Chiba dan menjadi bagian dari rute nasional 409. Dengan panjang keseluruhan 14 km, termasuk jembatan 2.4 km dan 9.6 km terowongan dibawah teluk menjadikannya terowongan bawah laut keempat terpanjang di dunia.

6. Sydney Harbour Tunnel (Australia)

Sydney Harbour Tunnel mulai beroperasi pada bulan Agustus 1992 dan menghubungkan Warringah Freeway ke Distributor Timur sebagai sarana mengurangi kemacetan di Sydney Harbour Bridge. Hal ini dioperasikan oleh perusahaan Sydney Harbour Tunnel, tetapi pada Agustus 2022 itu akan berada di bawah kepemilikan publik. Terowongan adalah jalan terowongan twin-tube dengan dua jalur di setiap arah. Tiga bagian membuat terowongan: 960 meteran struktur tabung terbenam, 400 meter terowongan dibawah tanah yang terletak di pantai selatan dan 900 meter terowongan dibawah tanah di pantai utara.

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2016 pil-tei.com.

To Top