Info

Perbedaan Ms. Power Point Dan Prezi Dalam Pembuatan Presentasi

Kebanyakan para presenter di era visual saat ini merasa tidak afdhol jika menyampaikan informasi pada khalayak tanpa bantuan media presentasi. Bahkan di Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus Universitas Indonesia – Depok, khutbah Jum’at dilakukan dengan bantuan program aplikasi PowerPoint. Entah apa hukumnya melakukan hal tersebut yang pasti ketika berceramah sang khatib dapat menampilkan secara nyata gambaran pedihnya siksa neraka, indahnya kehidupan di surga, musibah dan bencana alam yang terjadi di dunia ini dalam bentuk video baik hasil editan ataupun rekaman asli.

Akan tetapi, sehebat dan semenarik apapun presentasi seorang presenter yang dibantu dengan teknologi canggih masih lebih keren orang yang mampu presentasi tanpa bantuan apapun. Karena ia dapat melukiskan suatu kejadian melalui kata-kata sehingga tergambar dengan jelas di benak para audience walaupun abstrak. Hal tersebut tidak mungkin bisa dilakukan tanpa penguasaan materi yang baik dan daya hafal yang kuat. Awalnya seorang presenter menggunakan papan tulis sebagai alat bantu presentasi. Kemudia setelah ditemukannya OHP (Over Head Projector) maraklah alat tersebut dimana-mana.

Tak lama setelah kejayaan OHP, para presenter mulai beralih ke media presentasi yang terintegrasi dengan alat super canggih yang bernama komputer. Biasa disebut dengan program aplikasi presentasi. Dan saat ini, telah ada puluhan program aplikasi presentasi dari berbagai platform dengan variasi harga yang berbeda-beda dari mulai paling mahal hingga free alias gratis. Seperti biasa, semakin banyak pilihan maka semakin bingung kita dibuatnya. Untuk itu marilah kita lihat perbandingan masing-masing media presentasi tersebut, agar dapat membantu kita menentukan mana program aplikasi presentasi yang paling cocok untuk digunakan saat ini sesuai dengan pekerjaan yang akan diselesaikan.

A. Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint adalah slide show program presentasi saat ini dikembangkan oleh Microsoft PowerPoint pendahulu, “Presenter”, diciptakan oleh Pemikiran Inc, dan PowerPoint secara resmi diluncurkan pada 22 Mei 1990, sebagai bagian dari Microsoft Office suite. PowerPoint berguna untuk membantu mengembangkan format presentasi berbasis slide, dan saat ini salah satu program presentasi yang paling sering digunakan tersedia.
Presentasi PowerPoint terdiri dari sejumlah halaman individu atau “slide”. The “slide” analogi adalah referensi ke proyektor slide. Slide dapat berisi teks, grafik, suara, film, dan benda-benda lain, yang dapat diatur secara bebas. Presentasi dapat dicetak, ditampilkan langsung di komputer, atau navigasikan melalui atas perintah presenter. Untuk khalayak yang lebih besar layar komputer sering diproyeksikan menggunakan proyektor video yang. Slide juga dapat membentuk dasar dari webcast.

PowerPoint menyediakan berbagai fitur yang menawarkan fleksibilitas dan kemampuan untuk membuat presentasi profesional. Salah satu fitur menyediakan kemampuan untuk membuat presentasi yang meliputi musik yang memainkan seluruh seluruh presentasi atau suara efek untuk slide tertentu. Selain kemampuan untuk menambahkan file suara, presentasi dapat dirancang untuk berjalan, seperti film, sendiri. PowerPoint memungkinkan pengguna untuk merekam slide show dengan narasi dan laser pointer. Pengguna dapat menyesuaikan slide untuk menampilkan slide dalam urutan yang berbeda dari yang dirancang dan memiliki slide muncul beberapa kali. Microsoft juga menawarkan kemampuan untuk menyiarkan presentasi untuk pengguna tertentu melalui link dan Windows Live.

PowerPoint menyediakan 3 jenis gerakan:

1. Entrance, penekanan, dan keluar dari elemen pada slide itu sendiri dikendalikan oleh apa yang disebut PowerPoint Custom Animations.
2. Transisi, di sisi lain, adalah gerakan antara slide. Ini dapat animasi dalam berbagai cara.
3. Animasi kustom dapat digunakan untuk membuat papan cerita kecil dengan menghidupkan gambar untuk masuk, keluar atau pindah.

Kekurangan Dan Kelebihan Microsoft PowerPoint

Setelah pada postingan sebelumnya Belajar TIK membahas tentang Software (Perangkat Lunak) untuk presentasi. Pada artikel kali ini Belajar TIK akan membahas Kelemahan dan Kekurangan dari Microsoft Office PowerPoint. Setiap teknologi secanggih apapun pasti mempunyai yang namanya kekurangan dan kelebihan dari fitur yang dimiliki.

  • Kekurangan:

Microsoft Office PowerPoint ini hanya dapat dijalankan/dioperasikan pada sistem operasi Windows saja.

  • Kelebihan:

Jendela PowerPoint dilengkapi dengan menu – menu dan tombol – tombol toolbar yang memungkinkan para pengguna dapat mengoperasikannya dengan mudah. Kelebihan ini ditunjang dengan fitur – fitur lain yang dibutuhkan dalam sebuah aplikasi presentasi. Fitur yang dimiliki Microsoft Office PowerPoint adalah :

  • Terdapat fasilitas Undo dan Redo.
  • Menampilkan struktur presentasi.
  • Mengirimkan file presentasi ke word untuk diedit/diubah sebagai handout presentasi.
  • Menambahkan header (kepala halaman) dan footer (kaki halaman) ke slide presentasi.
  • Dapat menambahkan grafik, tabel, clipt art, music, film dan lainnya ke dalam slide presentasi.
  • Menggunakan Task Pane untuk membuat presentasi baru, mencari dokumen, menggunakan design template, layout, serta menambahkan efek transisi dan animasi.
  • Menampilkan presentasi dengan menggunakan layar komputer, overhead projector atau yang biasa disebut OHP, atau melalui web.

Yuk, lihat video cara membuat Microsoft Office PowerPoint:

B. Prezi

Prezi adalah sebuah perangkat lunak (software) masa kini yang fungsi utamanya hampir sama dengan Power Point, yaitu untuk presentasi berbasis internet. Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi menggunakan Zooming User Interface (ZUI), hal inilah yang membuat software ini mempunyai ciri khas dan keunggulan tersendiri, yang memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi mereka.

Prezi digunakan sebagai alat untuk membuat presentasi dalam bentuk linier maupun non-linier. presentasi linier adalah presentasi terstruktur artinya tampilan yang satu dengan yang lainnya saling berurutan, sedangkan presentasi non linier adalah presentasi yang berbentuk peta-pikiran (mind-map). Dalam software ini teks, gambar, video, dan media presentasi lainnya ditempatkan di atas kanvas presentasi, dan dapat dikelompokkan dalam bingkai-bingkai yang telah disediakan. Pengguna dapat menentukan ukuran relatif dan posisi antara semua obyek presentasi sesuai keinginan.

Kekurangan Dan Kelebihan Prezi

  • Kekurangan:
  1. Karena hanya menggunakan teknologi ZUI (tampilan yang nge-Zoom), software ini terlihat monoton.·
  2. Proses instalasinya membutuhkan koneksi internet.
  3. Sulit memasukkan simbol matematika.
  4. Untuk versi trialnya berlaku 30 hari, tapi masih bisa diantisipasi.
  • Kelebihan:
  1. Tampilan tema yang lebih bervariasi dibandingkan dengan power point.
  2. Menarik ketika dalam mode presentasi, dengan menggunakan teknologi ZUI nya.
  3. Lebih simple dalam hal pembuatan animasi.
  4. Pilihan tema keren, yang dapat di unduh secara online

Intip video cara membuat Presentasi dengan Prezi:

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2016 pil-tei.com.

To Top