Info

Kejadian Di Tahun 2016 Yang Membuat Indonesia Menjadi Buah Bibir

Tahun 2016 akan segera berakhir, banyak yang mengatakan tahun 2016 salah satu tahun “teramai” bagi masyarakat Indonesia. Pada tahun 2016 ini banyak kejadian yang menggempar kan tanah air. Masyarakat Indonesia diramaikan dengan beberapa kejadian yang sempat membuat gempar seluruh kota di Indonesia. Bahkan tidak sedikit dari kejadian tersebut sampai menjadi trending topik di dunia.

Beberapa kejadian yang menjadi perbincangan dunia itu terbilang cukup banyak, dari yang bersifat politik, hukum, bencana alam, sosial, dan olahraga. Berikut ini beberapa kejadian di Indonesia yang menjadi perbincangan dunia.

1. Gerhana Matahari total

Salah satu kejadian yang menggemparkan masyarakat Indonesia bahkan dunia adalah Gerhana Matahari Total. Kejadian yang sempat heboh di tahun 2016 ini menjadi salah satu kejadi yang tranding topik dunia. Sebab fenomena alam seperti ini sangat jarang sekali terjadi. Gerhana matahari total terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Melewati wilayah Indonesia dari pukul 06.25 WIB sampai 08.35 WIB. Fenomena alam ini sangat langka karena jika ingin menyaksikan kembali Gerhana Matahari total anda harus mampu bertahan hidup selama 350 tahun kemudian. Dan karena kejadi ini, fenomena Gerhana Matahari total menjadi paling banyak di perbincangkan.

2. Bom Sarinah

Pada awal tahun 2016 Indonesia diheboh kan dengan sebuah ledakan bom yang berasal dari jalan Thamrin, perempatan Plaza Sarinah Jakarta pusat. Kejadian yang terjadi pada tanggal 14 Januari 2016 itu telah mengguncang tanah air, sebab telah memakan 8 korban jiwa tersebut yang masing-masing 4 dari warga sipil dan 4 dari pelaku. Kejadi ini langsung menjadi buah bibir di media sosial, dan menjadi tranding topik di dunia. Pasalnya terdapat hastag/tagar yang bertuliskan #kamitidaktakut yang menjadi nomer satu di media sosial twitter.

3. Sidang Kasus Kopi sianida

Kejadian di tahun 2016 yang menggemparkan tanah air selanjutnya ialah, kasus sidang kopi sianida Jesika. Sidang yang berlangsung selama 32 kali ini telah menjadi perhatian banyak orang. Tidak hanya kepolisian dan ahli hukum saja, namun banyak masyarakat Indonesia yang mengikuti perkembangan kasus tersebut. Kasus sidang kopi sianida itu berawal dari Wayan Mirna Salihin, tiba-tiba meninggal setalah meminum kopi bersama kedua temannya, yaitu Jesicca Kumala Wongso dan Hani di cafe Olivier Jakarta. Setelah banyak melakukan pemanggilan beberapa saksi dan olah TKP, polisi menduga Jesicca sebagai pelaku tindakan pembunuhan terhadap Mirna. Karena kurang cukupnya bukti dan saksi pada persidangan, membuat JPU harus menunggu 32 kali sidang untuk menuntut Jesicca sebagai pelaku pembunuhan Mirna dengan tuntutan penjara selama 20 tahun.

4. Aksi 411 Dan Aksi 212

Aksi 4 November 2016 merupakan aksi demontrasi terbesar pertama pasca Reformasi di tahun 1998. Dari berbagai sumber, jumlah peserta aksi ini sampai 2.5 juta orang, para aksi tersebut datang dari berbagai daerah di Indonesia. Aksi 4 November 2016 ini sendiri kemudian dikenal sebagai aksi 411. Aksi 411 adalah kemarahan orang Muslim terhadap perkataan Basuki Tjahya Purnama atau ahok. Dalam sambutannya di depan warga kepulauan seribu, Ahok dinilai beberapa pihak telah menyinggung perasaan umat Islam. Dan aksi 411 itu tidak terhenti samapi disitu saja pada tanggal 2 Desember 2016 aksi kembali berlanjut.

Namun dengan semangat mengusung aksi demonstrasi yang damai, aksi ini lebih kondusif dan berjalan dengan lancar. Pada aksi 212 ini, jumlah peserta aksi tiga kali lipat dari jumlah aksi 411, yaitu sekitar 7 juta orang. Hal ini menjadikan jakarta khususnya monas terlihat seperti lautan orang. Pada aksi 212 peserta aksi hanya melakukan sholat Jum’at di area Monas. Aksi ini pun berjalan lancar dan damai, hingga pujian dan apresiasi datang mengalir ke peserta aksi. Aksi 411 dan 212 merupakan aksi dengan masa terbesar di era Reformasi.

5. Final Piala AFF

Kondisi menegangkan telah melanda Indonesia pada pengujung tahun, dimana Indonesia kembali masuk final dalam pertandingan sepak bola paling bergengsi se Asia Tenggara tersebut. Setelah hampir tiga bulan masyarakat Indonesia menghabiskan waktu dan tenaga untuk menghasut, menghujat, dan saling mencaci, sepak bola kita berhasil menyatukan suara masyarakat dengan dukungan untuk sepak bola Indonesia di ajang final. Masuk nya Indonesia ke ajang final Piala AFF menjadi kejutan buat Timnas Indonesia, dimana Timnas Indonesia baru saja sembuh dari hukuman FIFA. Kejutan ini kemudian mendapatkan apresiasi yang sangat besar dari masyarakat Indonesia, meskipun dalam laga final Indonesia kalah 3-4 dari thailand, namun masyarakat Indonesia masih memberikan standing upplause untuk para pemain dan para Tim yang telah membantu Indonesia samapi ke babak final.

6. Om Telolet Om

Kejadian terakhir yang telah menggemparkan Indonesia bahkan dunia ialah Om Telolet Om. Kejadian kali bukanlah terkait dengan masalah hukum, politik atau olahraga, tetapi telah berhasil membuat jagat dunia nyata dan dunia maya ribut karena keisengan dari anak kecil. Om Telolet Om adalah sebuah kata yang dilontarkan anak-anak kecil ketika Bus besar sedang melintas di hadapan mereka. Om Telolet Om telah menjadi buah bibir di Indonesia, bahkan para musisi dan tokoh dunia juga ikut-ikutan demam Om Telolet Om.

Om Telolet Om sempat menjadi trending topik dunia, semua orang sempat heran apa maksud dari Om Telolet Om tersebut. Namun terlepas dari misteri apa yang membuat Om Telolet Om mendunia, setidaknya Indonesia di penghujung tahun ini di tutup dengan sebuah kejadian yang menyenangkan, lucu dan unik tidak dengan ketegangan atau kesedihan. Semoga Om Telolet Om menjadi suatu kejadian yang membuat saraf masyarakt Indonesia kendur dari rasa ketegangan yang telah melanda selama satu tahun ini.

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2016 pil-tei.com.

To Top