Info

Kain Batik Yang Mendunia Dan Aksesoris Dari Batik

Indonesia dikenal dengan keindahan alamnya dan memiliki keajaiban dunia, yakni Candi Borobudur dan Pulau Komodo. Indonesia adalah negara yang berkembang dan menjadi salah satu negara yang memiliki sumber daya alam terbesar di dunia. Indonesia merupakan negera kesatuan tunggal, dimana pemerintah pusat adalah yang tertinggi. Indonesia juga memiliki banyak suku dan beragam bahasa. Indonesia memiliki banyak pulau diantaranya, Pulau Sumatera, Pulau Kalimatan, Pulau Sulawesi, Pulau Jawa dan Pulau Papua.

Setiap Pulau di Indonesia memiliki perkiraan waktu yang berbeda. Dan Indonesia memiliki ciptaan karya anak bangsa yang telah mendunia, karya yang berasal dari Pulau Jawa ini telah dipakai hingga masyarakat mancanegara. Karya yang indah ini memiliki corak dan warnanya tersendiri, mungkin kamu sudah tau dan sudah pernah memakainya. Yupzz itu adalah Batik.

Batik adalah seni atau kerajinan yang populer dan terkenal dari Indonesia sebagai kreatifitas yang menakjubkan. Seni menghias kain dengan cara ini, menggunakan lilin dan pewarna, seni ini telah dipraktekkan selama berabad-abad. Di Jawa, Indonesia, batik merupakan bagian dari tradisi kuno, dan beberapa kain batik terbaik di dunia masih dibuat di sana. Kata batik berasal dari bahasa Jawa, “tik” berarti titik.

Batik telah disahkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia atau world heritage pada 2 Oktober 2009, batik semakin terkukuhkan. Tanggal tersebut pun kemudian disahkan sebagai Hari Batik Nasional. Meskipun batik Indonesia telah dikukuhkan sebagai world heritage, ternyata tak hanya Indonesia yang memproduksi batik. Ada 4 negara yang juga mempunyai batik khasnya.

1. Malaysia

Tetangga dekat Indonesia ini sempat juga mengklaim batik sebagai warisan budaya negaranya. Berani mengklaim, tentunya mereka juga punya basis batik yang cukup kuat di negaranya. Malaysia lebih menampilkan corak yang ada pada dunia, seperti awan, bunga, tumbuhan, dan sebagainya. Tak hanya itu, Malaysia juga lebih berani dalam memadukan warna dibandingkan Indonesia. Tapi tetap ragam motif batik Malaysia masih kalah dengan Indonesia.

2. Thailand

Batik Thailand lebih kepada batik kain sarung yang sering digunakan oleh penduduk Pulau Koh Samui untuk bersantai. Kombinasi warna batik Thailand lebih bervariasi dengan motif-motif hewan dan tumbuhan.

3. Azerbaijan

Jika di Indonesia batik bisa digunakan sebagai baju, celana, dan lain sebagainya, batik di Azerbaijan lebih terfokus pada syal berbahan sutera yang biasa digunakan oleh perempuan di negara itu. Ada pembagian proses pembuatan batik di Azerbaijan.

4. China

Berbeda dengan batik Indonesia, batik China lebih menyajikan pola beraneka ragam mitologi Tionghoa seperti naga, phoenix, dan dewa-dewi.

Namun, saat ini Indonesia tidak hanya menjadikan kain batik sebagai baju kemeja, dress, atau sejenis pakaian lainnya. Kini banyak desainer Indonesia yang semakin kreatif dan membuat inovasi baru dari kain batik. Berikut ini beberapa kreasi unik yang terbuat dari batik.

1. Dompet Batik

Dompet adalah salah satu beda yang dapat menyimpan barang-barang mungil atau bahan lembaran uang. Dompet memiliki banyak bentuk dan jenisnya. Namun, saat ini dompet bernuansa batik telah banyak diminati masyarakat Indonesia dan telah memiliki harga jual yang cukup tinggi.

2. Tas Batik

Ada dompet pasti ada tas, ya dimana-mana setiap orang yang memakai dompet pasti juga memakai tas. Tas adalah benda yang hampir wajib di miliki semua wanita. Tas juga sama seperti halnya dompet, memiliki banyak bentuk serta jenis dan kali ini tas juga tak ingin kalah lagi dengan dompet. Tas batik juga telah muncul ke permukaan dan telah banyak laku di pasaran. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang telah memakai tas batik.

3. Sepatu Batik

Tak afdol rasanya bila, tas dan dompet telah di kreasi dengan kain batik. Desainer Indonesia juga telah membuat sepatu dibalut dengan kain batik. Hasil karya yang luar biasa bagus ini telah banyak dipuji-puji oleh masyarakat Indonesia dan juga telah banyak di pakai oleh orang Indonesia.

4. Aksesoris Batik

Pernak pernik dan aksesoris telah menjadi satu kebutuhan untuk setiap orang. Tak lengkap rasanya bila pergi tanpa menggunakan asksesoris sebagai pelengkap. Tetapi kali ini aksesoresi telah muncul dengan corak batik yang unyu-unyu. Aksesoris batik mulai dari jam tangan batik, syal batik, bando batik dan lain-lain. Dan telah banyak dijual di mall-mall Indonesia.

5. Mobil Batik

Mungkin sedikit aneh tapi nyata, salah satu musisi tanah air memiliki mobil bercorak batik yang sangat indah. Piyu gitaris band Padi mengoleksi mobil batik seharga Rp 1,5 miliar. Ceritanya, 5 tahun lalu saat Mercedez Benz merayakan aniversary 50 tahun keberadaannya di Indonesia. Nah untuk merayakan itu, Mercedez Benz mengeluarkan mobil khusus bermotif batik yang hanya diproduksi satu unit di dunia.

Piyu pun tertarik untuk memiliki mobil langka itu. Hingga akhirnya pada lelang yang diadakan, Piyu bisa membawa pulang mobil itu dengan harga Rp 1,5 miliar. Piyu pun mengabadikan namanya dalam plat nomor kendaraan, maka jadilah mobil itu berplat P 1 YU. Plat nomor kendaraan dengan awalan P dan akhiran U merupakan plat nomor kendaraan untuk daerah Banyuwangi.

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2016 pil-tei.com.

To Top