games

Permainan Montessori Yang Mencerdaskan Otak Si Buah Hati

Di jaman sekarang yang serba canggih ini apapun selalu ada di media sosial, barang-barang kebutuhan rumah tangga pun sudah bisa dibeli di online shop. Tak sedikit orang yang memakai media sosial sebagai salah satu kebutuhan hidupnya. Menggunakan media sosial harus lah mempunyai sedikitnya elektronik canggih yang kini bisa di bawak kemana-mana, contohnya seperti Gadget, Androit dan Tablet. Pemakai elektronik yang canggih ini pun tidaklah pandang usia. Dari yang tua hingga yang muda, tak terkecuali anak yang di bawah usia 5 tahun yang masih dalam pengawasan ketat orang tua dan masih giat-giatnya bermain.

Buat kamu yang sudah memiliki anak yang suka bermain permainan di gadget, cobalah untuk tidak memberi anak bermain gadget sesering mungkin karena bermain gadget atau nonton video itu punya dampak negatif juga. Selain merusak mata, anak jadi cenderung berpikir singkat, maunya serba cepat, memperlambat kecerdasan motorik, dan yang paling parah sih kalau sudah ketagihan. Namun, tak kalah dengan gadget yang serba canggih kali ini ada mainan rumah yang bisa kamu terapkan untuk anak bermain tanpa harus merusak matanya yang indah. Berikut ini permainan Montessori yang dapat kamu berikan untuk si buah hati.

1. Flubby Jelly

Ini adalah jelly yang biasa kamu makan. Dari jelly ini si anak bisa merasakan hal lain dari yang biasa dia pegang. Awalnya pasti jijik, tapi jangan kaget ya kalau nanti mereka bakal ketagihan. Cara bikinnya juga gampang, cukup beli jelly merk apapun yang ada di pasaran, tanpa perlu menambahkan gula, masak hingga mendidih, tuang di wadah yang cukup besar, tunggu sampai membentuk agar-agar, jelly siap dimainkan.

2. Bongkar Pasang

Mainan lego adalah seperangkat mainan susun bangun yang terbuat dari plastik berbentuk persegi panjang dan bergerigi, sehingga dapat disatukan. Kenapa mainan anak ini disebut seperangkat, karena terdiri dari banyak bentuk persegi panjang yang dapat dibangun menjadi berbagai bentuk. Misalnya bentuk mobil, pesawat, motor, kereta api, menara, gedung, rumah, senjata pistol, pedang, dan lain-lain. Mainan lego ini dijual dengan berbagai warna yang indah dan menarik. Semua bentuk dapat dibuat dan dibangun sesuai dengan keinginan dan kreatifitas serta imajinasi setiap anak. Kemudian bangunan lego yang telah dibentuk dapat dibongkar lagi dan dibuat menjadi bentuk lain yang diinginkan.

3. Play Dough

Bermain playdough juga seru banget. Biasanya kalau sudah mainin ini, anak bakalan lupa waktu. Kamu bisa ajak mereka buat bikin hewan kesukaannya dengan menggunakan playdough. Ssstt, tahu nggak sih, kamu juga bisa bikin sendiri lho dough-nya. Daripada beli, lumayan uangnya buat jajan yang lain.

4. Berlatih menggambar dan mewarnai

Belajar menggambar dan mewarnai mempunyai manfaat yang sangat baik bagi perkembangan anak. Lewat kegiatan menggambar, anak bisa menuangkan imajinasnya. Gambar-gambar yang mereka hasilkan menunjukkan tingkat kreativitas dan suasana hati masing-masing anak. Selain itu, manfaat menggambar dan mewarnai antara lain: sebagai media berekspresi, membantu mengenal perbedaan warna, melatih motorik si kecil (dengan mengajarinya menggenggam pensil warna atau crayon), melatih kemampuan koordinasi antara mata dan tangan, meningkatkan daya konsentrasi, melatih si kecil untuk menentukan keputusan (saat memilih warna).

5. Gelembung Sabun

Ayah/ibu bisa membuatnya sendiri. Permainan ini sangat menarik bagi si kecil. Amati reaksi gembira yang diluapkannya. Hanya saja pastikan tak ada gelembung yang menghampiri wajah si kecil. Bila pecah tepat di dekat matanya dikhawatirkan bisa menimbulkan perih.

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2016 pil-tei.com.

To Top