Beauty

Jenis Bunga Yang Dipakai Untuk Bahan Pembuat Kosmetik Dan Parfum

Bunga merupakan modifikasi suatu tunas (batang dan daun) yang bentuk, warna, dan susunannya disesuaikan dengan kepentingan tumbuhan. Bunga memiliki wangi dan fungsi nya masing-masing, wanita dan bunga tidak bisa terpisahkan namun, tidak hanya wanita banyak pria yang juga menyukai bunga karena bentuk nya yang menarik dan warna bunga yang alami dan indah. Bunga tidak hanya menjadi tanaman hias, karena warna dan wangi yang dihasilkan bunga alami, banyak pengusaha memanfaatkan kealamian bunga sebagai produk kecantikan atau menjadi kan bunga sebagai salah satu bahan untuk pembuatan parfum.

Banyak nya jenis bunga yang ada di dunia ini, namun tidak semua nya dapat digunakan sebagai produk kecantikan atau bahan dasar untuk pembuatan parfum. Berdasarkan beberapa penelitian yang sudah dilakukan, terdapat beberapa jenis bunga yang memiliki aroma paling tajam sehingga banyak dipakai sebagai bahan dasar untuk pembuatan parfum, kosmetik, perlengkapan salon/spa, sebagai pajangan untuk dekorasi ruangan dan yang terbaru dari manfaat bunga adalah menggunakan aroma dari beberapa jenis bunga sebagai terapi/obat tradisional untuk kesehatan, kesegaran dan kebugaran tubuh anda. Berikut ini beberapa jenis bunga yang bisa digunakan sebagai pembuatan parfum dan produk kecantikan.

 

1. Bunga Sedap Malam

1

Bunga sedap malam merupakan tanaman asli dari Meksiko, bunga sedap malam ini termasuk family dari Amaryillidaceae. Tinggi batang bisa mencapai 1,8 meter, dan memiliki akar tinggal yang ada di bawah tanah.

Bunganya yang berwarna putih bersihnya itu unik, karena mengeluarkan harum semerbak di waktu malam. Pada bagian ini minyak asiri biasa diambil untuk pembuatan kosmetik dan parfum. Tuberosa absolute yang dihasilkan melalui cara enfleurage memiliki kualitas yang lebih baik daripada Tuberosa concrete. Kandungan yang ada di dalamnya adalah methyl benzoate, methyl anthranilate, benzyl benzoate, methyl salicylate, benzoil acid dan ketone. Aroma ‘manis’ yang sangat kuat diciptakan dari ekstrak minyak sedap malam. Karenanya, ia banyak digunakan dalam pembuatan parfum, terutama parfum dengan tipe oriental.

2. Bunga Sweet Alyssum

2

Bunga yang memiliki bentuk unik yang terkenal dengan sebutan Lobularia Maritima atau Sweet Alyssum (Sweet Alison/Alyssum), tidak hanya memiliki nama yang begitu cantik tetapi juga mempunyai aroma memikat dan tajam yang sangat khas. Bunganya yang berwarna putih dengan struktur bunga bersusun.

Bunga Sweet Alyssum masih sangat jarang dibudidayakan untuk berbagai keperluan komersil seperti bahan–bahan dasar kosmetik (kecantikan) atau bahkan parfum. Padahal aroma dari bunga sweet alyssum dapat direkomendasikan sebagai bahan dasar kosmetik dan parfum karna memiliki aroma yang khas. Meski demikian, keharuman Sweet Alyssum bisa digunakan untuk pengharum ruangan alami jika difungsikan sebagai bunga potong dalam vas.

3. Bunga Wisteria

3

Blauregen atau Wisteria merupakan jenis bunga Fuji di Jepang. Bunga ini adalah bunga lambang kota Kasukabe, Saitama. Di kota yang terkenal akan komik lucu Crayon Sinchan tersebut, bunga Wisteria menjadi lambang keselamatan dunia, cinta dan umur panjang. Konon di Chinese Garden of Ushijima, bunga ini dapat tumbuh subur seperti tanaman rumpun yang berdiameter 4 meter dan dapat berusia 1200 tahun.

Tanaman hias ini memiliki bunga-bunga warna ungu yang sangat cantik dan memiliki keharuman tajam. Yang harus diperhatikan, bunga Wisteria termasuk jenis bunga beracun. Jadi Anda harus berhati-hati, jangan sampai buah hati Anda yang masih kecil memakainya sebagai mainan di mulut. Konsentrasi racun bunga ini terletak pada bijinya, butir biji bunga Wisteria bisa mengakibatkan keracunan yang mematikan.

4. Bunga Sweet Pea

4

Bunga ini merupakan jenis tanaman rambat yang memiliki bunga yang begitu cantik berwarna ungu dan pink, bentuknya unik dan khas. Bunga Sweet Pea memiliki aroma yang sangat tajam, bunga Sweet Pea ini cukup terkenal di kalangan para pecinta bunga karena bunga ini mempunyai aroma harum yang sangat wangi dan segar (meski tidak semua spesiesnya).

Sweet Pea yang nama latinnya Lathyrus Odoratus adalah jenis tanaman bunga merambat yang memiliki ketinggian antara 1–2 meter. Sejak lebih dari 300 tahun silam, bunga Sweet Pea yang mirip dengan bunga kacang polong ini telah banyak dikembangbiakkan sebagai tanaman hias. Selain memiliki warna ungu dan pink, bunga Sweet Pea juga memiliki warna merah menyala, warna pink keputih-putihan dan warna kekuning yang indah.

5. Bunga Mawar

5

Bunga Rose atau Mawar dikenal dengan ratu nya bunga karena merupakan simbol dan lambang dari kehidupan yang indah dan juga dapat berfungsi sebagai obat. Awalnya mawar berasal dari dataran China, Timur Tengah dan Eropa Timur. Dalam perkembangan selanjutnya, tanaman ini menyebar luas ke daerah-daerah terutama beriklim dingin (sub-tropis) dan panas (tropis).

Jenis mawar paling populer di Indonesia adalah jenis Mawar Hibrida yang berasal dari Belanda. Jenis mawar hibrida yang paling banyak peminatnya adalah tipe Hybrid Tea dan Medium, yang memiliki variasi warna bunga cukup banyak, mulai dari warna putih sampai merah padam.

Untuk anda yang gemar berkebun bunga mawar, pilihlah jenis mawar untuk taman/pekarangan rumah seperti Folk Song, Khatherina Zeimet, Woborn Abbey dan Cimacan Salem. Sedangkan untuk jenis mawar sebagai bunga potong dan dikembangkan sebagai usaha jual bunga hias adalah dari beberapa varietas Mawar Cemelot, Frad Winds, Mr. Lincoln, dan Golden Lustee.

6. Bunga Melati

6

Bunga jasmine atau lebih dikenal masyarakat dengan nama bunga melati merupakan salah satu jenis bunga dari berbagi jenis spesies bunga yang sangat populer di Indonesia. Bunga melati merupakan bunga hias dari jenis tanaman perdu yang memiliki bunga berbentuk bintang kecil, ada yang tunggal maupun susun dengan warna putih bersih, di Indonesia bunga melati sering digunakan untuk berbagai keperluan acara adat.

Selain di Indonesia, melati juga banyak ditemukan di Italia terkenal dengan nama Melati Casablanca (Jasmine Officinalle), bunga melati mulai dikembangbiak kan menjadi tanaman kebun/rumah pada tahun 1692. Selanjutnya, karena memiliki keharuman yang sangat khas dan tajam, bunga ini dipakai sebagai bahan dasar berbagai jenis parfum. pada tahun 1665 di Inggris, bunga ini dibudidayakan lebih banyak lagi, yang pertama kali memperkenalkan bunga melatih kepada seluruh dunia adalah Duke Casimo de’ Meici. Di Indonesia sendiri, nama Melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara sebagai salah satu tanaman dengan bunga yang memiliki berbagai khasiat besar untuk kesehatan dan kecantikan.

Most Popular

To Top